Sabtu, 24 September 2011

Tips memilih tledekan



Tledekan

Tledekan merupakan salah satu jenis burung fighter(petarung) dengan bentuk fisik berukuran kecil, tetapi di balik bentuk fisiknya yang kecil, tledekan memiliki kwalitas suara yang sangat indah, serta volume yang keras dan nyaring. Sehingga tledekan banyak digemari oleh para penggemar burung, dari mulai sebagai peliharaan dirumah hingga ajang kontes.

Tips memilih tledekan :

1.Kepala

Pilihlah tledekan dengan ukuran kepala yang besar, bagian atas pipih/gepeng, kalau dilihat dari depan mirip katak, mata lebar.

2.Paruh

Guna memperoleh tledekan dengan kwalitas suara yang keras dan nyaring, pilihlah tledekan dengan paruh lebar dan tebal ( paruh atas lebih tebal dari paruh yang bawah ), lubang hidung besar.

3.Lidah

Bentuk lidah tledekan ada tiga macam ; yaitu tumpul, runcing dan bercabang. Pilihlah tledekan yang lidahnya bercabang, dan bagian dalam mulutnya (tenggorokan) berwarna hitam.

4.Badan

Bentuk badan panjang, tegap, dan ramping,

5. Kaki

Warna kaki hitam, terlihat kering dan keras.

6.Warna

Pilihlah tledekan dengan warna cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut. Untuk warna merah batanya hanya sampai dada, (seperti kacer) hal ini sangat berpengaruh pada mental tledekan.

Memang susah guna memperoleh tledekan dengan ciri fisik seperti diatas, tapi apabila kualifikasinya hampir (80%) Insya Allah tledekan tersebut Bagus, tinggal bagaimana merawatnya.

Semoga berhasil....

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;