Sabtu, 17 September 2011

Murai Batu Nglowo Penyebab dan Solusinya

MB nglowo beberapa sebab adalah:

1. Over Birahi
Disebabkan oleh kesalahan pola rawatan, juga kesalahan Perawat yang tidak bisa memantau perkembangan MB tsb. Misal MB tsb dikasih EF yang sama continue terus, dalam kurun waktu tertentu MB tsb mengalami Top Performanya, sementara rate EF tetap konstant. Akhirnya efek EF terakumulasi di MB tsb sehingga MB tsb nglowo.

2. Kalah mental/Down
MB nglowo masih muda tapi dipaksakan untuk tarung. Karena MB mengenal sistem Senioritas.

3. Dasar Mental Bawaan
MB tsb memang mempunyai atau dasar mental yang ciut. Sehingga saat ditarungkan dia minder duluan, dan akhirnya nglowo.

Hasil diskusi panjang lebar dengan beberapa pemain MB di lapangan. Dapat saya garis bawahi gimana solusi untuk MB nglowo ini.

Konsep yang untuk segera mengatasi MB nglowo adalah MERUBAH POLA RAWATAN TOTAL. Sebagian penghobiest ada yang menunggu mabung total bahkan sampai 2 kali mabung (lama ya.

Berikut tindakan2 cara mengatasinya, saya percaya setiap penghobiest yg di expert di MB pasti berbeda dan tolong dishare di sini ya.

1. Kurangi EF
Terutama untuk jangkrik. Karena jangkrik ini bisa membikin tenaga yang kuat. Kasih jangkrik 1 saja di saat pagi.

2. Cacing
Cacing kalau untuk AM untuk daya tahan telernya. Namun untuk MB justru untuk MEREDAM birahinya. Pemberian cukup disesuaikan dengan karakter MB. Diberikan setiap pagi dan sore.

3. Kandang Umbaran
Bagi MB nglowo, Kandang Umbaran adalah wajib. Jangan lupa dikasih tempat bak mandi, biar mandi sendiri. 1 hari wajib dikandang umbaran, agar sifat birahinya dikeluarkan semua .... kalau bisa diterbangkan minimal 200 kali selama sehari ...

Itulah sedikit hasil diskusi dengan salah satu penghobiest MB di lapangan, sekali lagi penanganan setiap penghobeist berbeda. Dan tolong dishare di sini.

Sebenarnya MB dialamnya bisa mengatur EFnya sendiri, kapan makan dan kapan berkicau. Bahkan saat MB merasa sakit, si MB ini bisa mencari makanan yang dibutuhkan untuk treatmentnya. Tetapi kalu di sangkar semua kebutuhan dan model rawatan oleh tuannya. Jadi MB tsb NO excuse untuk mengatur dirinya sendiri.

2 komentar:

kicau senja mengatakan...

Percobaan beberapa extra fooding yang biasa di berikan ke murai batu


Riset beberapa macam extrafooding untuk murai batu 


Extra Fooding MARKEL, solusi cerdas untuk murai kesayangan anda

kicau senja mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Poskan Komentar

 
;