Selasa, 20 September 2011

Mastering Loverbird


Indra Jr, pemilik Lovebird “Raja Godexxx”, dan LoveBird “Snow White” berpendapat, bahwa untuk pemilihan masteran Lovebird pilihlah tipe burung master dengan type atau karakter suara kasar dan rapat, karena bila salah dalam pemilihan masteran, dikhawatirkan dapat mengurangi penilaian burung yang dilombakan. Menurutnya Love bird "Snow White" mampu menirukan suara masteran dari burung cililin, sehingga saat “Snow White" beraksi, menjadi perhatian para juri karena memiliki warna suara yang khas.

Berikut contoh burung - burung masteran yang bagus untuk dijadikan masteran Lovebird :


1. Cililin : suara khas cililin yang nyaring dan rapat jika termaster akan menjadi andalan yang baik untuk LoveBird

2. Cucak Jenggot : suara besetan Cucak jenggot bisa dijadikan andalan lovebird pilih Cucak Jenggot dengan suara besetan yang tajam dan panjang


3. Tengkek Buto : suara tengkek buto yang ngeroll ngekek rapat akan baik jika dapat dimaster oleh Lovebird.

4. Belalang : suara belalang yang tajam dapat menjadi andalan suara Lovebird


5. Kenari : suara ngeroll kenari akan menambah indah dan melatih durasi suara lovebird kesayangan kita.


(gambar foto jenis burung diambil dari thread om ady_mv)

Walaupun semua jenis burung-burung tersebut baik jika termaster ke dalam lovebird kesayangan kita, Indra Jr menyarankan bahwa pemasteran sebaiknya dilakukan cukup oleh 2 jenis burung masteran pada Lovebird yang akan di master. Karena jika dilakukan dengan cara mengoleksi semua masteran, biasanya lovebird akan mengalami kesulitan dalam memaster beraneka macam suara-suara master tersebut.

Jika burung anda termasuk burung yang cerdas dan dapat diadopsi oleh burung lovebird, Indra jr juga menerangkan, jika Lovebird memiliki banyak isian, dikhawatirkan malah membuat Lovebird tidak mempunyai ciri khas tembakan dan suara yang keluar terkesan nanggung.

Usia Ideal pemasteran

Bagi Indra JR, yang dikenal sebagai pemilik Rajawali BF dan juga Duta KM, Usia Ideal pemasteran adalah 2 bulan. Pada usia tersebut diharapkan suara masteran akan mendarah daging atau tidak mudah dilupakan. Untuk burung masteran seperti cililin Indra Jr menganjurkan untuk memposisikan agak jauh dari Lovebird yang akan di master, karena suara cililin yang keras jika ditempatkan terlalu berdekatan dikhawatirkan malah membuat Lovebird yang dimaster ketakuan dan berujung pada stress.

Bagi yang memiliki burung sudah berumur, maka cara pemasteran dilakukan dengan menggantang burung masteran dengan jarak 3-5 meter. Sebaiknya pemasteran dilakukan 1 ekor burung master pada saat tertentu. Jika diperkirakan burung sudah dapat mentransfer suara, maka masteran dapat diganti dengan materi masteran burung lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;