Kamis, 22 September 2011

Tips Meningkatkan Performa Anis Merah



Ketika Mabung, Saatnya Poles Suara Dengan Memberi Master Yang Sesuai Dengan Karakter Suara Anis Merah

Anis merah merupakan salah satu burung kicauan yang memiliki volume sedang dengan kualitas lagu yang cukup banyak memiliki variasi. Pergantian lagu pada kicauan pada umumnya diistilahkan sebagai ngerol. Sebagai burung yang memiliki IQ cukup tinggi, burung yang dikenal sebagai burung cerdas ini mampu menirukan lagu burung lain yang memiliki nada hampir sama dalam waktu relatif singkat.

Atau dalam kamus perburungan, anis merah termasuk salah satu jenis burung yang mudah dimaster dengan suara burung lain. Seni mengisi lagu itulah saat ini sedang trend dengan tujuan melahirkan lagu istimewa. Contohnya mengisi variasi lagu anis merah dengan suara tonjolan atau besetan. Nantinya, kontes anis merah tak hanya mengutamakan lagu ngerol, trend akan terus bergeser dan mengalami perubahan. Untuk mendapatkan hasil maksimal ketika memaster, harus dilakukan pada saat yang tepat. Yakni ketika burung masihtrotol dan saat burung lagi mabung/ rontok bulu atau disebut juga ngurak. 

Ketika burung lagi mabung jangan hanya melihat kesempatan bagus untuk memaster saja, tetapi yang lebih penting lagi adalah, perlakuan pada burung mabung tidak boleh asal karena bisa fatal akibatnya. Pemberian extra fooding harus ditambah dari biasanya agar kondisi fisiknya tidak ngedrop, sakit atau tidak bisa tampil maksimal seperti yang diharapkan ketika burung sudah selesai mabung. Memaster adalah cara melatih burung untuk menirukan suara master dengan memakai suara burung lain, suara binatang, suara alat/ benda buatan dll. Pilih master yang bagus dan sesuai dengan karakter kicauan anis merah, antara lain jalak suren, cucak jenggot, love bird dan hwamei. 

Tulisan ini merupakan sebuah sharing pengalaman mungkin bisa dijadikan sebagai wacana dan tidak ada salahnya bila dicoba siapa tahu bisa dijadikan sebagai solusi bagi para kicau mania yang memiliki anis merah yang sedang mabung (ngurak) tentunya sudah saatnya kita master untuk meningkatkan performanya. Kita tidak akan pernah tahu kalau tidak pernah mencoba !

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;