Kamis, 15 September 2011

PERAWATAN BURUNG KENARI

KENARI ATAU SERENIUS CANARIUS MERUPAKAN BURUNG ASAL PULAU CANARY DAN BUKAN BURUNG ASLI INDONESIA. NAMUN DALAM PERKEMBANGANNYA TELAH BANYAK DIMPORT DAN DIKEMBANG BIAKAN DI BERBAGAI NEGARA TERMASUK INDONESIA. BAHKAN DARI HASIL BREEDING TERSEBUT TELAH LAHIR BERBAGAI MACAM JENIS KENARI BARU. KENARI YANG MASUK KE INDONESIA ANTARA LAIN JENIS KENARI HOLLAND, TAIWAN. KARENA BANYAKNYA KENARI HASIL BREEDING INDONESIA MUNGKIN SUDAH SEPANTASNYA DISEBUT KENARI INDONESIA KARENA BAIK KENARI HOLLAND, TAIWAN, AMERICAN SINGER DAN LAINNYA BUKANLAH BURUNG ASLI DARI NEGARA TERSEBUT.

SECARA GARIS BESAR PERAWATAN KENARI SEBENAR NYA SANGAT SIMPLE.
DIMULAI DENGAN PERAWATAN PAGI, BISA DI MULAI DARI JAM 7 ATAU JAM 7 30 PAGI.
- BERSIHKAN KANDANG ( KALAU BISA HARUS RUTINE TIAP HARI JANGAN MALES !!! )
- GANTI SEMUA PAKAN DAN MINUMAN. UNTUK MINUMAN WAJIB DI GANTI SETIAP HARI. AIR KOTOR PALING MUDAH MENULARKAN SEGALA MACAM BIBIT PENYAKIT. KALAU BISA AIR MINERAL TAPI TIDAK MUTLAK BISA JUGA AIR PAM YANG DI MASAK DAN DI DINGIN KAN TERLEBIH DAHULU PADA INTI
- PENGGANTIAN FOODING SETIAP HARI. FOODING KENARI PADA UMUM NYA ADALAH APEL MERAH, SAYUR SELADA ( BAIK NYA SELADA KERITING KARENA KANDUNGAN AIR NYA TIDAK TERLALU BANYAK ), SAYUR SAWI BAIK HIJAU ATAU PUTIH, MENTIMUM/KETIMUN, OYONG/GAMBAS, TELUR PUYUH/AYAM
- FASILITAS MANDI. KENARI ADALAH BURUNG KECIL YANG TAKUT MANDI DI KERAMBA, WALAU ADA YANG MAU MANDI DI KANDANG KERAMBA BESAR TAPI TIDAK UMUM MEMANDIKAN KENARI DI KERAMBA. UMUM NYA KENARI MANDI DI CEPUK KECIL SEPERTI CEPUK AYAM ATAU CEPUK UNTUK MAKAN BURUN
- JEMUR. JEMUR SANGAT PERLU UNTUK BURUNG KENARI, BURUNG AKAN DAPAT HIDUP LEBIH LANGGENG BILA KITA RAJIN MENJEMUR BURUNG SESUAI DENGAN KEMAMPUAN BURUNG MASING MASING. RATA RATA LAMA JEMUR PADA BURUNG KENARI ADALAH 1.5 JAM SAMPAI 2 JAM. CAHAYA MATAHARI PAGI
- FASILITAS KERODONG. PERCAYA TIDAK PERCAYA KERODONG PADA BURUNG KENARI SANGAT PENTING. BURUNG KENARI ADALAH BURUNG YANG SANGAT PEKA TERHADAP PERGANTIAN CUACA DAN SUHU. UMUM NYA SETELAH JEMUR PAGI KENARI DI ANGIN ANGIN KAN 1/2 - 45 MENIT SEHINGGA SUHU TUB

UNTUK MAKANAN BANYAK TERSEDIA MAKANAN BURUNG DI PASAR BURUNG. CARI YANG BANYAK VARIASI BIJI NYA KARENA KAYA AKAN BERBAGAI JENIS NUTRISI. UNTUK MAKANAN IMPORT SEBENAR NYA TIDAK BEGITU BAIK SECARA UMUM UNTUK KENARI LOKAL KARENA KANDUNGAN GIZI DAN NUTRISI YANG DICAMPURKAN DI MAKANAN TSB DI SESUAI KAN DENGAN NEGARA ASAL PABRIKAN MAKANAN TSB. KEBANYAKAN KENARI AKAN RONTOK BULU BILA DI BERIKAN MAKANAN IMPORT KARENA TIDAK TERBIASA DAN TIDAK SESUAI NYA CUACA DI INDONESIA YANG PANAS. NAMUN TIDAK TERTUTUP KEMUNGKINAN COCOK NYA MAKANAN IMPORT TSB KARENA BURUNG YANG KITA ATAU PENGGEMAR MILIKI JUGA IMPORT SEPERTI YORKSHIRE IMPORT DAN BERBAGAI JENIS KENARI IMPORT LAIN NYA. HINDARI SERING MENGGANTI BRAND/MERK PAKAN KARENA KENARI SENSITIVE TERHADAP PERUBAHAN BIASANYA DI TANDAKAN DENGAN GEJALA RONTOK BULU YANG BELUM SAATNYA.
TANYA JAWAB :
AKU PUNYA KENARI TAPI AKHIR2 INI SUARANYA PENDEK & PUTUS2. KENARI TSB DULU SUARANYA PANJANG & TEMBUS. TERUS PERNAH AKU KAWINKAN DGN BETINA DAN BERANAK PINAK. YG JD PERTANYAAN :
1. APA BENAR KL KENARI YG SUDAH PERNAH DIKAWINKAN SUARANYA AKAN MENURUN SECARA KUALITASNYA (PENDEK & PUTUS2)?

2. APA ADA EF YG MEMBUAT SUARA TETAP PANJANG TANPA PUTUS?

3. MENU HARIAN APA YG HARUS AKU BERIKAN UNTUK KENARI TERSEBUT?

MOHON PARA REKAN YG SUDAH PAKAR KENARI MANAGGAPI HAL INI.
TERIMAKASIH..

DENGAN ASUMSI KENARI BAPAK MEMANG SUARA/LAGU NYA PANJANG PANJANG DULU NYA, KENARI BAPAK SEKARANG MUNGKIN TIDAK FIT BENAR PAK ATAU TERLALU BIRAHI ATAU BISA JUGA TERSERANG PENYAKIT SEPERTI PERNAFASAN ATAU LAIN NYA YG MENGGANGGU RONGGA TENGGOROKAN.
COBA DI JAUHKAN DARI BETINA ATAU ANAKAN ANAKAN YANG SEDANG DI LOLOH KALAU BISA TIDAK MELIHAT ATAU MENDENGAR. RAWAT SECARA PRIMA KEMBALI MANDI JEMUR YANG TERATUR. FOODING TIDAK ADA TUH PAK YANG BISA MEMBUAT LAGU MENJADI PANJANG TAPI ADA NYA MEMBUAT KENARI BAPAK SEHAT DAN OPTIMUM DALAM BERKICAU.
DENGAN ASUMSI ADA SAKIT, BISA DI COBA DI TANGKAP DI DENGAR SUARA NAFAS NYA BUNYI - BUNYI TIDAK ?, GAMPANG MANGAP TIDAK WALAU TIDAK DI JEMUR ATAU SEBENTAR SAJA DI JEMUR ?. BILA SAKIT HARUS DISEMBUH KAN DULU ATAU BISA JUGA TERSERANG KUTU YANG BERSARANG DI TENGGOROKAN NYA. COBA DI DIAGNOSA DULU PAK APA BENAR TIDAK SAKIT ? LIHAT MATA APAKAH CERAH ? ATAU LESU ?. COBA MANDIKAN DENGAN CAIRAN ANTI KUTU SEPERTI MUSHI ATAU KUTUTOK BEBERAPA HARI SECARA TERATUR DAN INGAT JEMUR SAMPAI KERING SEBELUM DI KRODONG.
BILA ASUMSI KENARI BAPAK SEHAT, KALAU ADA COBA BAPAK UMBAR DULU KENARI BAPAK DI KANDANG UMBARAN SAMBIL DI JEMUR. JANGAN LUPA CEPUK MANDI NYA BIAR MANDI SEPUASNYA ( KALAU BISA AIR DI TAMBAH KALAU BURUNG NYA MEMANG SUKA MANDI ). NORMAL NYA KENARI BISA DI JEMUR ANTARA 1.5 JAM SAMPAI 2 JAM PAGI HARI DARI JAM 8-10.
FOODING COBA DENGAN SELADA BERSIH, APEL DAN TELUR PUYUH DI GONTA GANTI TIAP HARI BIAR TIDAK BOSAN SEPERTI SENIN SELADA, SELASA APEL, RABU SELADA, KAMIS APEL, JUMAT TELOR 1/2 POTONG, SABTU BALIK LAGI SELADA BEGITU SETERUSNYA. BERIKAN SECARA RUTIN.
KUNCI NYA RAWAT TERATUR DENGAN FOODING YANG SEGAR, MANDI JEMUR TIAP HARI, ANGIN ANGIN SETELAH DI JEMUR 30 - 40 MENIT DAN KERODONG SAMPAI ESOK HARI.
DI COBA DULU PAK YANG HARUS JELAS APAKAH KENARI BAPAK TIDAK SAKIT ?. KALAU KENARI BAPAK MEMANG TIDAK PANJANG LAGU NYA DULU SANGATLAH SULIT MENAMBAH PANJANG LAGU DARI KENARI TSB.
MENURUT YG SAYA TAHU, KENARI POTENSIAL DAPAT DIKETAHUI DARI BEBERAPA HAL...TERLEPAS DARI ASAL-USUL (INDUKAN) NYA...
-PERTAMA, CIRI-CIRI FISIK YAITU KEPALA BESAR, AGAK KOTAK DAN TIDAK MENGERUCUT... INI BIASANYA MENANDAKAN MENTALNYA TARUNGNYA BAGUS.
-KEDUA, LEHER DAN PARUH TEBAL MENANDAKAN VOLUME SUARA KERAS.
-KETIGA, BODY (BADAN) PANJANG RAMPING AKAN MENUNJANG PANJANGNYA NAFAS... ADA YG BILANG BODY NYA HARUS YG BESAR AGAR SUARANYA (VOLUMENYA) KERAS, TETAPI INI TIDAK MENJADI JAMINAN. KARENA, ADA KENARI DGN BODY KECIL TAPI VOLUME SUARA KERAS...
KETIGA CIRI-CIRI FISIK DI ATAS MERUPAKAN CIRI-CIRI YG DOMINAN, WALAUPUN ADA SEDIKIT PENGECUALIANNYA...
NAH..KETIGA CIRI FISIK DI ATAS AKAN MENUNJANG SI KENARI (KATAKANLAH KENARI MUDA) UNTUK DAPAT BERKICAU DGN BAGUS, KERAS, DAN PANJANG...
AKAN TETAPI.... SEMUA ITU JUGA DITUNJANG OLEH HAL LAINNYA, SEPERTI:
- VARIASI SUARA, INI BISA DIBENTUK SAAT KENARI MASIH MUDA (KIRA2X DARI BERUMUR 1 BULAN, SAAT SUDAH TUMBUH BULU) DGN CARA DI-MASTER DGN SUARA BURUNG LAIN SEPERTI BLACKTHROAT, KACAMATA, KOLIBRI, SANGER, DLL DAN JUGA SUARA KENARI STANDAR YG BAGUS (TEMBAKAN D
- JENIS KENARI.... ADA BEBERAPA JENIS KENARI YG BAGUS UNTUK KENARI KICAUAN DAN SERING DILOMBAKAN, SEPERTI WATERSLAGER, YORKSHIRE DAN SILANGANNYA (F1 DAN F2), FUSAN, HOLLAND, RRC, DAN KENARI BIASA DGN WARNA BON HIJAU DAN KUNING...
- PERAWATAN, PENJEMURAN, PEMBERIAN FOODING DAN EXTRA FOODING...
TIPS TIPS MEMBELI BAKALAN KENARI LOMBA :
- TRAH PENTING DALAM PEMILIHAN KENARI KARENA PANJANG PENDEK LAGU TERGANTUNG DARI INDUKAN EG. BAPAK LAGU PANJANG PANJANG DAN IBU YANG MERAWAT ANAKAN DENGAN BAIK.
- TIDAK SEMUA KENARI F1 SILANGAN YORKSHIRE BAGUS KARENA BILA LEBIH DOMINAN KE CHARACTER BAPAK ( YORKSHIRE IMPORT ) KENARI AKAN SUSAH GACOR, BERBULU TEBAL ( KALO GANTI BULU LAMA BANGET ).
- BILA MEMILIH KENARI DARI UMUR 7 BULAN - 1 TAHUN LEBIH BAIK DI TREND RAME RAME DENGAN KENARI LAIN MINIMUM KITA TAHU KENARI TSB PUNYA MENTAL FIGHT ATAU TIDAK
-
JANGAN TERLALU PICKY ATAU TERLALU MEMILIH BURUNG. MEMANG IDEAL NYA SEPERTI YANG BUNG IRFAN JELASKAN. LAGU ENAK ( TIDAK ADA PUTUS TIBA TIBA, VARIASI ANTIK/NYELENEH, LAGU PANJANG PANJANG DENGAN TOTAL PANJANG LAGU JUGA PANJANG ( MENURUT SAYA KENARI YANG TERGOLONG BAIK SEKALI DALAM PANJANG BILA STABIL MELANTUNKAN LAGU BISA SAMPAI 1 MENIT PER LAGU ) DENGAN VOLUME YANG KERAS. SEKALI LAGI MENDAPATKAN BURUNG ISTIMEWA ITU TIDAK GAMPANG. ISTIMEWA MENURUT SAYA ADALAH BURUNG YANG MENDEKATI SEMPURNA DALAM TOTAL PENILAIAN ( VARIASI/IRAMA, VOLUME, GAYA, KERAJINAN ).
UNTUK BEBERAPA PENGALAMAN BANYAK SEKALI SAYA TEMUKAN BURUNG VARIASI/IRAMA YANG JELEK ( BURUNG MEMBAWAKAN LAGU PUTUS PUTUS, PENDEK, TIDAK BERATURAN NAMUN BURUNG BERVOLUME KERAS DAN RAJIN/GACOR ) BISA MENANG.
SEBAGAI MASUKAN DARI PENGALAMAN PEMANTAUAN SAYA PRIBADI JURI JURI INDEPENDEN LEBIH MENGUTAMAKAN KE GACORAN BURUNG/KERAJINAN DENGAN VOLUME YANG KERAS WALAU KADANG BURUNG YANG PANJANG PANJANG JUGA SERING MENANG DI EVENT INDEPENDEN NAMUN SEPEMANTAUAN SAYA LEBIH BANYAK BURUNG YANG KERJA SUPER ( KERJA SUPER YANG SAYA MAKSUD BUNYI TERUS JARANG NGETEM ANTAR LAGU TANPA NABRAK NABRAK JERUJI/BUNYI DI BAWAH/DASAR KANDANG ) DAN VOLUME KERAS YANG MENANG. LAIN DENGAN PBI YANG MENGUTAMAKAN IRAMA, WALAU PAKEM IRAMA SUDAH MULAI PUDAR DI JURI JURI PERBURUNGAN KERJA SUPER BURUNG TETAP DI UTAMAKAN.
LAIN HAL NYA DENGAN PABURI JOGJAKARTA DI MANA MEMANG IRAMA BENAR BENAR JADI PENGUTAMAAN ( DENGAN CATATAN BURUNG HARUS KERJA JUGA DONG ITU MUTLAK.) DENGAN SEDIKIT NYA PESERTA DI SETIAP PENILAIAN MEMBUAT JURI LEBIH FOCUS MENILAI BURUNG BURUNG DI SEKITAR.
KENARI YG BUNYINYA SERING PUTUS-PUTUS DAN BERHENTI DI TENGAH INI UMUM TERJADI PADA KENARI MUDA YG MASIH BELAJAR BUNYI.
UNTUK MEMANCING AGAR KENARI MUDAH TSB RAJIN BUNYI DAN SUARANYA PANJANG, ADA BEBERAPA LANGKAH YG PERNAH SAYA COBA PADA KENARI2X SAYA DIANTARANYA:

1. DIGANDENG DENGAN KENARI YG SUDAH JADI (YG SUDAH GACOR) ATAU BISA JUGA DENGAN DISETELKAN KASET KENARI SUARA BAGUS, SEPERTI YG BANYAK DIPASARAN.

2. PADA SAAT DIGANDENG DGN KENARI YG SUDAH JADI, KEDUA KENARI TSB JANGAN LANGSUNG DIKETEMUKAN (DIDEKATKAN) DAN SALING DIPERLIHATKAN, CUKUP DIDENGAR SUARANYA SAJA. SETELAH BEBERAPA HARI, BARULAH BOLEH SALING DIPERLIHATKAN TAPI DENGAN JARAK YG AGAK JAUH (2-3 METER). INI PUN JANGAN DILAKUKAN SETIAP HARI, CUKUP SESEKALI SAJA DALAM SEMINGGU (2 KALI SEMINGGU SUDAH CUKUP).
3. YG TERPENTING ADALAH PERAWATAN. SEBAIKNYA KENARI TSB CUKUP JEMUR, KALAU SAYA SIH JEMUR DARI PAGI JAM 7 - 11... DAN SAAT DIJEMUR BERI MAKANAN SEDIKIT SAJA DAN AIR MINUM SEDIKIT SEKALI..JANGAN LUPA DIMANDIKAN (SIAPKAN TEMPAT MINUM YG AGAK BESAR UNTUK MANDI)..SETELAH KENARINYA MANDI, AIR TSB DIBUANG... PENJEMURAN KALAU PERLU DI DALAM SANGKAR UMABARAN (SANGKAR BESAR, PANJANG).

4. SETELAH KENARI TSB DIJEMUR CUKUP, PINDAHKAN KE TEMPAT YG TEDUH DAN TERHINDAR DARI SINAR MATAHARI...TUNGGU SAMPAI TENANG DAN NAPASNYA TIDAK NGAP-NGAPAN LAGI. SETELAH ITU KASIH APEL MERAH SECUKUPNYA, BIARKAN DIA MAKAN, DAN BEBERAPA MENIT KEMUDIAN BARULAH DIBERIKAN AIR MINUM (AIR MATANG, KALAU PERLU BERI SEDIKIT VITAMIN KENARI SEPERTI VITASOL,SUPER KICAU, DSB)...

5. TERAKHIR, BARU KENARI TSB DIKERODONG...ATAU KALAU MAU DIDENGARKAN KICAUAN NYA DULU JUGA BOLEH, DAN BIASANYA SETELAH DIJEMUR KENARI AKAN BERKICAU...SETELAH SIANG BARU DIKERODONG SUPAYA ISTIRAHAT...(HEHEHE...KAYA' ORANG AJA)
KEESOKAN HARI, PAGINYA KENARI TSB KEMBALI MENJALANI RUTINITAS SEPERTI DI ATAS
SEBAGAI MASUKAN, ANDA PERLU PELAJARI KUALITAS SUARA KENARI. MENJADI KEBIASAAN SAYA DALAM MEMANTAU KENARI ADALAH MENUNGGU DAN MENDENGAR KENARI ITU BERHENTI. APAKAH MENGEREM(TIBA-TIBA) ATAU SEAKAN-AKAN BUANG NAFAS LALU BERHENTI. KALO YG MENGEREM MAKA JANGAN HARAP BISA PANJANG DAN BUNYI SAMBUNG MENYAMBUNG.SEKALI DIA BUNYI PANJANG MAKA DIA AKAN LAMA LAGI BARU BUNYI. KALO BERHENTINYA SEAKAN BUANG NAFAS, ANDA BISA RAWAT DGN JEMUR DAN MANDI RUTIN.JANGAN LUPA PAKAI KANDANG BESAR ATAU MEMANJANG UNTUK MELATIH NAPASNYA.
PERHATIKAN CARA KENARI ITU SAAT AKAN BERHENTI DAN SESUDAH BERHENTI. WALAUPUN KNR ITU GACOR DAN PANJANG. TETAP PERHATIKAN CARA BERHENTI. KNR GACOR DAN PANJANG BISA KRN FIT DAN BIRAHI TINGGI. KALO KENARI SAAT AKAN BERHENTI MENGHABISKAN NAFASNYA DAN BERHENTI DGN ALUNAN SUARA MENURUN, MAKA PILIHLAH KENARI INI.LALU PANTAU SELANG WAKTU KNR MAU BUNYI
LAGI.BIASANYA KENARI YG DEMIKIAN LANGSUNG BUNYI LAGI LANJUTANNYA.
KALO KNR BERHENTI KAYAK MEREM MENDADAK. JANGAN PILIH. BIASANYA SELANG WAKTU MAU BUNYI LAGI AGAK LAMA.UMUMNYA KNR DEMIKIAN SUSAH MELANTUNKAN IRAMA DGN BAIK. PALING-PALING SUARA AIR MANCUR ATAU GELENDER PANJANG,MONOTON. JADI JANGAN TERPENGARUH, KNR SUARA PANJANG DAN LAMA.
BANYAK PENGGEMAR KENARI BERPIKIRAN ATAU BER ASSUME KENARI LAGU PANJANG = KANDANG UMBARAN. SEBENARNYA KANDANG UMBARAN ADALAH UNTUK MELATIH STAMINA KENARI SEHINGGA KENARI MEMPUNYAI BADAN YANG SEHAT TERMASUK PARU PARU YANG SEHAT JADI TIDAK SELALU BENAR KALAU KENARI YANG PENDEK PENDEK DI MASUKAN KE DALAM UMBARAN BISA MENJADI PANJANG SEKETIKA.
ADA BEBERAPA HAL YANG PATUT DI PAHAMI ANTARA LAIN :

- PAHAMI LAGU LAGU KENARI KENARI, LAGU MODEL APA YANG BIASA NYA BISA DI LANTUNKAN DENGAN PANJANG AWAL LAGU, TENGAH LAGU, AKHIR LAGU.

- POLA PERAWATAN UNTUK MENGHASIL KAN KENARI YANG MAXIMAL HARUS DI RAWAT SECARA TOTAL , SAYA RASA TIDAK HANYA KENARI TAPI JENIS BURUNG LAIN JUGA BEGITU. FOODING, MANDI JEMUR DAN LATIHAN PHYSIC JUGA MENTAL SANGAT PENTING UNTUK MENGETAHUI BAKAT BURUNG.

- BURUNG KENARI BERSUARA KERAS BIASANYA SUSAH MELANTUNKAN LAGU PANJANG KARENA LOGIKA NYA BURUNG TSB KEBURU KEHABISAN NAFAS DI TENGAH JALAN. LEBIH BAIK MENCARI KENARI YANG SUARANYA SEDANG NAMUN SANTAI MELANTUNKAN LAGU .

MENGATASI KEGEMUKAN PADA KENARI.
UNTUK MENGATASI KEGEMUKAN PADA KENARI DAPAT DILAKUKAN DENGAN CARA MELAKUKAN DIET PADA KENARI. KENARI TIDAK DIBERI PAKAN BERUPA BIJI-BIJIAN, AKAN TETAPI HANYA DIBERI PAKAN BERUPA SAYURAN BERUPA TIMUN DAN SAWI PUTIH DALAM JUMLAH YG BANYAK SELAMA 3 - 7 HARI. DALAM WAKTU TSB BIASANYA JUMLAH LEMAK DALAM PERUT AKAN BERKURANG. JIKA WARNA PERUT SDH TIDAK MENGUNING LAGI MAKA BIJI-BIJIAN DAPAT DIBERIKAN LAGI DALAM JUMLAH TERBATAS DAN SAYURAN HARUS DIBERIKAN SETIAP HARI. KENARI DEWASA HANYA MEMERLUKAN PAKAN BIJI BIJIAN SEBANYAK 10 GR/HR (KURANG LEBIH SATU SENDOK MAKAN), DR. DRH. EDI BOEDI SANTOSO, MP. DOSEN KEDOKTERAN HEWAN UGM.
SOURCE: BULLETIN KENARI, PAPBURI YOGYAKARTA, EDISI: 09/I-JUNI/2006
MASUKAN YANG BAGUS ...MASUK AKAL JG SEH TAPI MUNGKIN KALAU MASUK UMBARAN DAN JEMUR PERLU WAKTU SEDIKIT LEBIH LAMA DI BANDING TREATMENYA DR. DRH. EDI BOEDI SANTOSO, MP. DOSEN KEDOKTERAN HEWAN UGM. TAPI ITU KEMBALI KE MASING2 INDIVIDU AJA.
LEBIH BAIK LAGI DUA2NYA DILAKUKAN DENGAN DIMASUKAN KE KANDANG UMBARAN DAN MAKAN HANYA SAYURAN SEHINGGA KALORI YANG KELUAR LEBIH BESAR DARI YANG MASUK. KALAU ISTILAHNYA BEROLAHRAGA DAN DIET SEKALIAN. KALAU DIKANDANG UMBARAN JUGA PERLU AGAK "DIPAKSA" UNTUK TERBANG/BERGERAK DENGAN MENGUNAKAN ALAT BANTU SEPERTI ROTAN KECIL ATAU BAMBU HALUS.
JANGAN LUPA DI UMBAR KARENA LEMAK JENUH SUSAH HILANG WALAU SUDAH DI BANTU DIET. TAMPA GERAK LEMAK TIDAK HILANG. ADA BEBERAPA METODE MENGHILANGKAN LEMAK ANTARA LAIN :
1. JEMUR HABIS MANDI PAKAI KERODONG ( CUKUP LUMAYAN PENGARUH NYA TAPI BERBAHAYA KARENA MEMBAHAYAKAN KENARI ITU SENDIRI HARUS DI TUNGGUIN JEMUR NYA )

2. SEPERTI KATA MAS KOPRAL DI BERIKAN TIMUN EG. 1MINGGU ( KALO SAYA SIH BOLE SAJA DI KASIH MAKANAN TAPI DI KONTROL EG. 1 SENDOK TEH PERHARI TAKUTNYA SUPPLEMEN VITAMIN DAN OTHER MINERAL UNTUK KENARI TERGANGGU. TIDAK HANYA TAKUT NYA KENARI JADI KURUS TAPI JADI DROP JUGA KALAU TIDAK DI BANTU DENGAN BIJIAN KARENA ITU ADALAH MAKANAN POKOK KENARI )

3. SERING NYA DI OLAHRAGAKAN / DI UMBAR PLUS JEMUR YANG KUAT ( LAGI LAGI BERBAHAYA KALAU JEMUR KELAMAAN SEKALI LAGI HARUS DI PANTAU TERUS CHARC BURUNG KUAT BERAPA LAMA )
JANGAN LUPA KONTROL PAKAN HIGH FAT SEPERTI TELUR, CD DAN JENIS TEPUNG TEPUNGAN MENGANDUNG TELUR DI PASTIKAN TAKERAN NYA PAS DAN TIDAK MEMBUAT KENARI GEMUK. BIJI BIJIAN JUGA DI ATUR PORSI NYA SEPERTI CANARY SEED, NIGER SEED ( BIJI BIJIAN YANG SANGAT TINGGI KADAR LEMAK NYA ). UNTUK DAERAH DINGIN SEDIKIT LEMAK TIDAK MASALAH , MALAH MEMBUAT BURUNG JADI PRIMA KARENA LAPISAN LEMAK DI KULIT MEMBANTU PROSES PENGHANGATAN TUBUH.
PENYAJIAN LANGSUNG HANYA MENGGUNAKAN SAYURAN SAJA DAPAT MEMBAHAYAKAN KENARI, LOGIKANYA SEPERTI PADA MANUSIA MAKA AKAN KEKURANGAN KARBOHIDRAT DAN PROTEIN YANG PADA AKHIRNYA AKAN MERUGIKAN BAGI KESEHATAN BURUNG TSB. PAKAN BIJI-2AN TETAP DIBERIKAN, HANYA SAJA PORSINYA DI JATAH DAN DIKURANGI. (1 SENDOK TEH CUKUP) DAN SAYURAN DI PERBANYAK, SERTA DITARUH DIKANDANG UMBARAN.
KENARI DIUMBAR SUPAYA GERAK TERUS ALIAS OLAH RAGA, FUNGSINYA YA NAFAS JD PANJANG GUNANYA UNTUK KALO LG NYANYI JD LEBIH KUAT NAFASNYA. JD LOGIKANYA KALO SUARA UDAH PANJANG BAKAL LEBIH PANJANG. KALO SUARA KERAS JD LEBIH KERAS.
TAPI SUARA KECIL YA TETAP KECIL, SUARA TERPUTUS YA TETAP TERPUTUS KARENA UDAH DARI SONONYA TYPE NYA BEGITU. KALO CUMA DIUMBAR BAKAL PANJANG DAN KERAS LOGIKANYA BELI AJA BAKALAN YANG BANYAK TRUS DIUMBAR AJA. TRUS SEKIAN WAKTU DIPANEN JADILAH BURUNG KUALITAS KONTESS………
UNTUK GAYA TARUNG KENARI (SAAT NGOTOT) ADA BERBAGAI MACAM:
- JALAN KANAN - KIRI SECARA AKTIF DI 1 TANGKRINGAN, ADA JUGA JALAN KIRI-KANAN SKALI PINDAH KE TANGKRINGAN LAIN JALAN LAGI.
- MUTER DI 1 TEMPAT SECARA AKTIF MAUPUN SEKALI2 (ISTILAHNYA GAYA HELIKOPTER)
- SAMBIL GOYANG BADANNYA TAPI DALAM 1 TEMPAT.
- ADA YG KOMBINASI DIATAS SAMBIL BUKA SAYAP
MASIH ADA BERBAGAI GAYA TAPI SAYA RASA MERUPAKAN KOMBINASI DIATAS. YANG PALING POKOK ADALAH IRAMA LAGU, SPEED, VOLUME (LEBIH DIUTAMAKAN YANG KRISTAL), VARIASI DAN PANJANG NAFAS. JANGAN LUPA JUGA KONSISTENSI DARI KENARI TERSEBUT DALAM MEMBAWAKAN GAYA, KLO BISA DIHINDARI TURUN DIDASAR KANDANG.
UNTUK MELATIH NAFAS ADA BEBERAPA CARA YG SERING DITERAPKAN BAIK UNTUK BAHAN JUGA UNTUK YG SUDAH GACOR :
- JEMUR KUAT DARI JAM 7:00 SAMPE JAM 11:00 DENGAN MINUM SDIKIT AJA DAN SEDIAKAN BUAH (APEL ATOPUN PEPAYA) STELAH JEMUR ANGIN2 SBENTAR SEDIAKAN AIR UNTUK MANDI. KLO SUDAH KELIHATAN SUDAH KERING BISA DIKRODONG. SORE BUKA KRODONG DAN GANTI MAKANAN YG TERSISA
- BESOK MENU BUAH DIGANTI DENGAN SAYURAN TAPI PEMBERIAN SETELAH JEMUR.
- JGN LUPA BERIKAN GRIT UNTUK MENGASAH PARUH DAN MEMBERSIHKAN LENDIR YG TERDAPAT DIPITA SUARA SELAIN UTK MEMBANTU PENCERNAAN.
SEDANGKAN UNTUK MELATIH VARIASI MAUPUN IRAMA LAGU TERMASUK SPEED BISA DIGUNAKAN MASTER:
- PRENJAK YG NGEROLL DAN NEMBAK
- BT YG MIJI
- KLO ADA KENARI WS DAN YS CUKUP MEMBANTU, BIASANYA SAYA SUDAH DAPAT YG MEMPUNYAI DASAR LAGU 2 JENIS INI TERKADANG DIKOMBINASI DENGAN JENIS FUSAN.
TIPS RINGAN MEMILIH KENARI UNTUK KONTES
KADANG KITA MEMELIHARA BURUNG KENARI DIRUMAH HANYA UNTUK DIDENGAR SUARA MERDUNYA ATAU SAMBIL MELIHAT CORAK WARNA YANG INDAH. PERNAHKAH TERLINTAS DIBENAK KITA, PADA SUATU SAAT KENARI KITA TSB DAPAT DITURUNKAN DALAM ARENA KONTES?
KADANG ADA PENDAPAT YANG MENGATAKAN KALO KITA INGIN MAIN BURUNG DIKONTES, CARILAH BURUNG DI ARENA KONTES PULA. ITU BENAR, DAN SAYAPUN SETUJU, TAPI YANG PERLU DIINGAT HARGA BURUNG DIKONTES PASTI MAHAL-MAHAL. BAGAIMANA DENGAN KITA YANG BELUM SANGGUP UNTUK MENGELUARKAN BIAYA YANG MAHAL, TAPI SUDAH INGIN TURUN KONTES? TERUTAMA UNTUK KELAS KENARI.
BERIKUT TIPS2 RINGAN YANG MUNGKIN BISA MEMBANTU KITA DENGAN MODAL YANG TERBATAS TAPI BISA MENDAPATKAN KENARI YANG CUKUP ANDAL DIKONTES:

1. PILIHLAH KENARI JANTAN (SDH BERBUNYI). HAL INI MUTLAK, DAN TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT.

2. PERHATIKAN POSTUR TUBUH, TIDAK CACAT, LINCAH, WARNA YANG INDAH (KALO TIDAK ADA, TIDAK APA2). DAN YANG PERLU DIINGAT, KENARI TIDAK BOLEH KEGEMUKAN, JIKA GEMUK IA AKAN MALAS BERBUNYI.

3. SIMAKLAH BUNYI KENARI TSB. APAKAH LAGUNYA BAGUS? PANJANG? NYARING (TEBAL)?
LAGU: KALO KITA BELUM TERBIASA MENDENGARKAN LAGU KENARI YANG BAGUS, KITA HARUS SERING2 MENDENGARKAN KENARI REKAN2 KITA YANG SDH JUARA DIKONTES (SEBAGAI PERBANDINGAN). KALO TIDAK ADA PEMBANDING, KITA DENGARKAN SAJA DENGAN PERASAAN, APAKAH KITA MERASA TERHIBUR DENGAN LAGU YANG DIDENDANGKAN OLH KENARI TSB ATAU TIDAK .
PANJANG: LAGU YANG DILANTUNKAN HARUSLAH PANJANG, BERVARIASI, TIDAK DENGAN TIBA2 PUTUS DITENGAH LAGU (HARUS ADA UJUNG AKHIRAN LAGU YANG ENAK)
NYARING: AGAK SULIT MENDENGARKAN SUARA KENARI YANG NYARING, JIKA TIDAK ADA PEMBANDING. JIKA KENARI YANG AKAN DIBELI BISA DIPINJAM/DITES TERLEBIH DAHULU, MAKA SEKALI LAGI BANDINGKANLAH DENGAN KENARI KONTES REKAN2 KITA. JIKA TIDAK BISA, COBA PERHATIKANLAH LEHER KENARI YANG AKAN DIBELI SAAT BERBUNYI, APAKAH PADA BAGIAN LEHERNYA AKAN MENONJOL KEDEPAN. JIKA YA, BIASANYA VOLUME SUARANYA NYARING.

4. PERHATIKAN GAYA KENARI TSB SAAT BERNYANYI.
GAYA: GAYA YANG BAIK JIKA SAAT BERNYANYI KENARI TSB MENURUNKAN KEDUA SAYAPNYA, BISA JUGA DIRENTANGKAN, DAN BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI. KADANG ADA KENARI YANG AKAN MENGELUARKAN GAYA TERSEBUT JIKA MELIHAT KENARI JANTAN YANG LAIN. OLEH KARENA ITU, KITA PERLU TES DENGAN KENARI JANTAN LAIN.

5. LIHAT APAKAH SELAMA BERBUNYI KENARI TSB NGOTOT.
NGOTOT: BIASANYA KENARI YANG NGOTOT AKAN IKUT BERBUNYI JIKA ADA KENARI JANTAN LAIN YANG DILIHATNYA BERBUNYI. JADI MEREKA AKAN SALING BERSAHUT2AN/TIDAK MAU KALAH DALAM BERBUNYI. ADA TIPS YANG CUKUP TERBUKTI UTK MELIHAT KE-NGOTOT-AN SEEKOR KENARI. COBA BAWALAH/TES TELEBIH DAHULU KENARI TSB DENGAN KENARI REKAN2 KITA YANG SUDAH JUARA, APABILA SAAT DITES KENARI KITA TERLIHAT NGOTOT DENGAN KEPUNYAAN REKAN KITA TSB, MAKA KENARI KITA TSB SDH BISA DIBILANG NGOTOT.

6. HARUS MEMPUNYAI MENTAL LAPANGAN YANG BAGUS.
INI BAGIAN YANG TERSULIT DALAM MEMILIH KENARI. TERKADANG ADA KENARI YANG SDH MEMENUHI SYARAT2 TSB DIATAS, TETAPI TIDAK MEMPUNYAI MENTAL LAPANGAN. SEHINGGA SAAT DI ARENA KONTES KENARI TSB TIDAK BEKERJA/BERBUNYI SESUAI HARAPAN.
HAL INILAH YANG MELATARI PERKATAAN SAYA, MENGAPA SAYA SETUJU DENGAN ANGGAPAN UNTUK MEMBELI KENARI KONTES HARUS DIARENA KONTES, KARENA KITA DISANA SDH BISA MELIHAT MENTAL LAPANGAN SEEKOR KENARI.
NAMUN MENTAL LAPANGAN BISA DIBINA AL DENGAN CARA:
? MENGANTUNGKAN KENARI KITA DITEMPAT YANG SERING DILEWATI ORANG DAN KENDARAAN SERTA BERISIK. SEPERTI DIPINGGIR JALAN DEPAN RUMAH.
? SESERING MUNGKIN MEMBAWANYA UNTUK BERJALAN-JALAN JAUH. BISA SAAT LATBER ATAU NGETES DENGAN TEMEN2 YANG RUMAHNYA JAUH.
? BUATKANLAH KANDANG UMBARAN, UNTUK STAMINA YANG FIT BAGI BURUNG.
SUARA KENARI YANG MENJADI FAVORIT JUARA TUH YANG GIMANA ?
YANG AIR MANCURNYA PANJANG MACAM "CERRRRR...........TING TING TING TING TING TING...TEERRRRRRRRR.......TING TING TING TING...CEERRRRRRRRRR...CEK CEK CEK CEK TEERRRRR.......TUIT TUIT TUIT CIAP CIAP CIAP.....CERRRRR.....(HABIS)
ATAU YANG BISA 4-5 SAF? MACAM "CERRRRR.....CUIT CUIT CUIT CUIT TERRRR...TING TING TING TING CIAP CIAP CIAP CIAP CEK CEK TERRRR...TING TING TING TING CIAP...DST(NYAMBUNG TERUS SAMPE 4 RANGKAIAN DALAM 1 TARIKAN NAFAS).
2 KENARI YANG SAMA SAMA PUNYA NAPAS PANJANG TP LAGU BERBEDA ALIRAN
YANG MANA YANG LEBIH BERPOTENSI SEBAGAI LAGU TERBAIK? HEHEHE.
ANGGAPLAH KEDUA BURUNG INI SAMA2 JALAN DI LAPANGAN DAN BERGAYA.
MUNGKIN LEBIH BAIK KITA BAHAS DULU TENTANG SHAF/TINGKAT, MISAL: NADA KENARI TSB A, B, C, D , LALU NADA TSB DIULANG SAMPE 4X DALAM SATU NAFAS. MAKA KENARI TSB BISA DIBILANG MEMPUNYAI 4 TINGKAT SUARA.
SELAIN ITU, KALO BISA SATU NAFAS, BERKISAR 30-50 DETIK.
KALO SAYA PRIBADI, LEBIH SENANG DENGAN NADA YANG PERTAMA PAK, KARENA SATU VARIASI AGAK LAMA DINYANYIKAN DAN KEBETULAN BURUNG SAYA TIPE ITU.
KALO YANG KEDUA, MENURUT SAYA VARIASI SUARA BURUNG TSB TERLALU CEPAT DIGANTI.
TAPI MENURUT PENGALAMAN SAYA, SEMUANYA KEMBALI KEPADA SELERA PARA JURI.
KALO ADA 4 SERI LAGU KENARI. MISALKAN: CERRRRR.....CUIT CUIT CUIT CUIT TERRRR...TING TING TING TING CIAP CIAP CIAP CIAP CEK CEK....(SATU RANGKAIAN INI DIANGGAP 1 SERI JALAN)
BEGITU PAK MAKSUDNYA. MOHON MAAF KALO SAYA SALAH MEN-DESKRIPSIKAN NYA.
OYA,SAYA LUPA INFORMASIKAN KALO JENIS YANG PERTAMA VOLUMENYA KALAH AMA YANG JENIS KE-2
SAYA ANGGAP NADA/BUNYI A,B,C,D TSB SAMA DENGAN TERR, CIAP, CUIT,CEEK (BIAR MUDAH DALAM PENULISAN/PENGERTIAN).
UNTUK VOLUME: KENARI SAYA SERING MENAIK/MENURUNKAN SUARA-NYA SAAT NYANYI, JADI SAAT BUNYI CIAP, CIAP VOLUMENYA BARU DIKERASKANNYA, DAN SAYA PERHATIKAN SAAT BUNYI ITULAH SERING JURI YANG ADA DISEKITARNYA MENOLEH KE KENARI SAYA. KESIMPULANNYA: KALO SAYA PRIBADI LBH SENANG YANG VOLUME KERAS DAN PANJANG KARENA DISITULAH DIA BISA MEMPUNYAI NILAI LEBIH SAAT KONTES, APALAGI DIBARENGI SUARA TERIAKAN SUPORTER.
TAPI BANYAK PULA JURI YANG LEBIH MENYUKAI, SUARA KENARI YANG MENENGAH, TETAPI STABIL DALAM BERBUNYI (TERUS MENERUS), MEMANG YANG LEBIH BAIK SUARA KERAS DAN STABIL BERBUNYI.
SAYA LUPA MEMBERITAHU, BAHWA SEKARANG KELIATANNYA YANG LEBIH DISUKAI ADALAH KENARI YANG MEMPUNYAI SUARA STANDART..., MUNGKIN U/ PILIHAN KEDUA SUDAH BANYAK VARIASI.

1. KENARI SUARA KERAS ( ISTIMEWA DI VOLUME ), KENARI BAWA LAGU ENGGAK PUTUS PUTUS NGEROLL TERUS ( ISTIMEWA DI PANJANG LAGU ), KENARI BAWAIN LAGU NYA ENAK/VARIASI BANYAK ( ISTIMEWA DI LAGU ), KENARI JOGET JOGET PAS BUNYI, NUNGGING, NGERING, BUKA SAYAP ( ISTIMEWA DI GAYA ), KENARI KERJA NYA ENGGAK STOP STOP DARI AWAL SAMPE AKHIR ( ISTIMEWA DI KERJA ).
1.1 SUB KATAGORI : BURUNG WARNA MERAH!, ORANGE!, BON MERAH ! ( ISTIMEWA DI WARNA ), BURUNG JAMBUL,F1, F2, BADAN PANJANG REK !!! ( ISTIMEWA DI POSTUR )
NAH DARI DI ATAS ANALISA BURUNG MASING MASING BURUNG DI RUMAH SEPERT APA ? KELEBIHAN DI MANA ? LAWAN DI LOMBA BAGAIMANA ( MENGETAHUI LAWAN PENTING JANGAN KOMPLAIN KE JURI/KORLAP/PANITIA SAJA SEDANGKAN KITA TIDAK TAHU YANG MENANG BURUNG SEPERTI APA) ? APAKAH PERNAH DENGAR MUSUH LAGU NYA SEPERTI APA ? PANJANG LAGU SEPERTI APA ?, KERJA BAGAIMANA ?
BILA DIDAPATKAN KOMBINASI DARI POINT 1 MISAL BURUNG SUARA KERAS, PANJANG = SUPER ISTIMEWA, SUARA KERAS LAGU ENAK/VARIASI BANYAK = SUPER ISTIMEWA, SUARA KERAS LAGU ENAK DAN PANJANGGGGGG = SANGAT ISTIMEWA, SUARA KERAS LAGU ENAK GAYA BUKA SAYAP = SANGAT ISTIMEWA, SUARA KERAS LAGU ENAK, PANJANG, BUKA SAYAP DAN KERJA NON STOP = IDAMAN SEMUA PEMILIK BURUNG KENARI .
UNTUK KENARI LOMBA DI KATEGORIKAN SIMPLE AJA DULU ISTIMEWA DIMANA ?? DI ANALISA KURANG DIMANA LEBIH DIMANA ? DAN DI AKALIN BIAR MENDEKATI SEMPURNA.
UNTUK SAYA PRIBADI PEMILIHAN KENARI DI AWALI DENGAN LAGU PANJANG, VOLUME CUKUP/KRYSTAL ( JANGAN TERLALU KERAS KARENA BURUNG KERAS CENDERUNG NGEROLL PENDEK PENDEK ) DAN KERJA BAIK. INI SUDAH SANGAT IDEAL SISANYA LAGU BISA DI OTAK ATIK .
UNTUK VARIASI SEMAKIN BANYAK SEMAKIN BAIK JANGAN YANG CUMA 3 VARIASI DI ULANG ULANG TERUS ( KADANG ADA YANG PANJANG LAGU NYA CUMA MONOTON DI ULANG TERUS) MODEL KENARI TAIWAN GITU.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;