Sabtu, 17 September 2011

Penyebab murai batu ngebatman

1. Over Birahi
Disebabkan oleh kesalahan pola rawatan, juga kesalahan Perawat yang tidak bisa memantau perkembangan MB tsb. Misal MB tsb dikasih EF yang sama continue terus, dalam kurun waktu tertentu MB tsb mengalami Top Performanya, sementara rate EF tetap konstant. Akhirnya efek EF terakumulasi di MB tsb sehingga MB tsb ngelowo.

Treatment :
Diembunkan setiap pagi.

Kurangi EF, terutama untuk jangkrik. Karena jangkrik ini bisa membikin tenaga yang kuat. Kasih jangkrik 1 saja di saat pagi.


Pemberian Cacing. Cacing kalau untuk AM untuk daya tahan telernya. Namun untuk MB justru untuk MEREDAM birahinya. Pemberian cukup disesuaikan dengan karakter MB. Diberikan setiap pagi dan sore.


Stop EF Sama Sekali. Saya pernah punya mb yg menunjukkan gejala ngelowo / ngebatman, langsung saya stop ef sama sekali kira kira satu bulan. Dan berhasil. Sepertinya mb saya kebanyakan ef.


Kandang Umbaran. Bagi MB nglowo, Kandang Umbaran adalah wajib. Jangan lupa dikasih tempat bak mandi, biar mandi sendiri. 1 hari wajib dikandang umbaran, agar sifat birahinya dikeluarkan semua dan kalau bisa diterbangkan minimal 200 kali selama sehari.


Alangkah baiknya si MB di umbar di kandang umbaran dan di simpan di luar (tdk tertutup). Sehingga setiap pagi terkena embun.


Kurangi EF hariannya yg biasanya pagi/sore 3 jangkrik jadi 1 jangkrik. Kroto yg biasanya seminggu 3 kali 1 sendok menjadi seminggu sekali 1 sendok.


Kalau biasanya pagi jemur 2 jam + sore jemur 1 jam menjadi cukup pagi jemur 1 jam.


Mandi malam antara jam 8 s/d 10 malam, angin2kan kurang lebih 1/2 jam langsung krodong.


Dan saat akan latihan/lomba hari minggu hari sabtunya pagi kasih EF 5 s/d 7 jangkrik dan tidak usah dimandikan.


Pada saat latihan/lomba di hari minggunya sekitar 20 menit sebelum di gantang diseprot jangan terlalu basah langsung kerodong.


Jangan dimandikan dihari H-1 dan hari H. Saya dulu punya jagoan yg dibeli pada kondisi mabung. Setelah kelar mabung dan 2 bulan nuain bulu sambil dilatih, namun ketika dibawa ke latber langsung ngebatman. Penasaran 2 minggu jajal lagi tdk ada perubahan. Setelah kurang lebih ada 3 bulan dicoba cari solusinya dan dari berbagai percobaan yang saya praktekkan ternyata saya temukan maunya ni MB. Ternyata dia dihari h-1 dan hari h ga boleh mandi. Kalau mandi pasti kumat ngebatmannya.

2. Kalah Mental/Down
MB ngelowo bisa disebabkan MB yg masih muda tapi dipaksakan untuk tarung. Karena sebenarnya MB mengenal sistem Senioritas.

3. MB yang Sedang Dorong Ekor (belum tuntas mabung) di Trek dengan MB yang Mentalnya OK
MB yang sedang dorong ekor/belum tuntas mabung jika di trek dengan MB yang mentalnya OK bisa menimbulkan sifat ngelowo. Pada awalnya MB yang belum tuntas mabung mungkin mau main ngeplay dan mengeluarkan semua isiannya. Tapi setelah itu langsung ngebatman dan bulunya juga ikut berdiri (seperti kacer bagong). Intinya, jangan pernah memaksakan MB yang belum tuntas dorong ekornya untuk ditrek. Hal ini akan menyebabkan MB ngelowo. Karena kita kurang sabar dan terlalu memaksakan diri, akhirnya MB kesayangan yang jadi korban.

4. MB yang Baru Selesai Mabung
MB2 yang baru kelar mabung memang suka galak. Sementara kondisi fisik belum siap 100 % dan libido/ birahinya belum naik (ditandai dgn gacor tanpa musuh). Nah kalo dipaksakan biasanya suka ngelowo.

5. MB yang Terlalu Dipaksakan untuk Terus Fight
Pada saat titik top formnya mulai menurun (mendekati masa mabung) sering kita "sengaja" ngetrek MB yg mulai jatuh bulu dengan harapan agar proses rontok menjadi lebih cepat & ternyata "memang banyak" yg berhasil.
Tapi apa pernah kita perhatikan, efeknya disaat mabung atau setelah mabung? Hal-hal yang demikian juga akan menyebabkan MB menjadi tidak/sulit mencapai top form lagi, atau malahan jadi Batman.

1 komentar:

andika pratama mengatakan...

aq punya mb uda umur panjang ekor 24cm .saat awal naik gantangan ngbatman 10menit kemudian setabil .cara mengatasinya gmn ????????

Poskan Komentar

 
;