Minggu, 07 Agustus 2011

Ciri Jantan dan Betina pada Murai Batu Dewasa

untuk membedakan burung ekor panjang ini, adalah paling mudah dengan melihat warna bulunya.  Ciri jantan sangat di bedakan dari warna bulu yang pekat dan tua, jika bagian atas hitam, maka murai jantan berwarna hitam dan berkilau.  Sedangkan bagian dadanya, berwarna coklat tajam dan tua.  Sebaliknya untuk murai batu wanita berwarna pudar untuk bagian atas yang berwarna hitam dan dada yang berwarna coklat pudar.  Jika masih anakan, murai batu sedikit lebih susah untuk di kenali.  Perbedaan warna bulu sangat tipis dan biasanya hanya bisa di kenali jika kita memang sudah sering melihat anakan murai batu dan mengamatinya jika sudah besar.

Murai batu jantan juga memiliki ciri khas di lihat dari perilakunya yang gesit dan atraktif.  Perbedaan yang jelas ketika murai jantan dan murai betina ketika di sandingkan atau bersama.  Pejantan biasa memamerkan gayanya untuk memikat betina ketika sedang birahi.  Biasanya, gerakan menaikturunkan ekornya murai batu di istilahkan `ngeplay`
Murai Batu Medan Super
Perbedaan dari burung murai dengan nama latin Copsychus malabaricus ini, yang jelas juga bisa dilihat dari ekornya.  Untuk murai batu Medan, murai batu jantan memiliki ekor yang lebih panjang dari betina.  Tapi tak jarang, ada juga betina juga mempunyai ekor yang panjang sebagaimana yang jantan.
Dari segi kepala, murai batu jantan memiliki kepala yang lebih besar dari pada betina.  Walaupun banyak jenis bentuk kepala dari murai batu, tapi secara umum, murai batu jantan memiliki kepala yang lebih besar dan panjang.  Tapi biasanya, pada anakan, betina mempunyai kepala yang bulat sedangkan yang jantan berbentuk agak lonjong dengan leher yang lebih panjang.
Begitupun juga pada murai batu anakan yang sudah bisa di kenali jantan dan betinanya.  Umumnya, anakan murai jantan memiliki ekor yang lebih panjang dari pada ekor murai anakan betina.  Dalam hal ini bisa di bandingkan jika murai batu seumuran atau dalam satu sarang.
Dari segi suara, murai batu jantan memiliki irama yang lebih banyak dari pada betina atau dikenal dengan istilah `ngerol`.  Ngerol adalah kicauan yang mempunyai irama yang berbeda-beda dan tidak monoton.  Sedangkan betina, biasanya memiliki lagu dan irama dan monoton.  Burung murai batu bisa dilihat perbedaan kicauannya saat bertemu dengan lawan jenis atau saat berkicau.  Biasanya jika bertemu dengan lawan jenisnya, murai batu langsung menyahut dengan kicauannya jika sedang birahi, begitupun juga betina.

Ciri Jantan dan Betina pada  Murai Batu Anakan


Ciri murai batu anakan jantan adalah sebagai berikut:
- Mempunyai tubuh lebih besar
- Mempunyai kepala yang lebih besar dan lebih lebar
- Ekor lebih lebar dan panjang
- Kaki lebih panjang dan jika di teliti, murai batu anakan jantan mempunyai sisik yang lebih kasar dari pada betina.
- Paruh lebih panjang, lebih kokoh dan terlihat lebih tebal
- Bulu putih yang ada di punggung melebar
- Mempunyai bulu hitam yang lebih berkilau
Nah, untuk ciri murai batu anakan betina adalah sebaliknya.  Tapi umumnya ciri-ciri ini juga tidak seratus persen benar, mengingat terkadang, ada juga anakan murai batu betina yang mempunyai ciri-ciri sebagaimana murai batu jantan dan sebaliknya.
Tapi paling tidak yang saya sebutkan di atas bisa menjadi tolak ukur untuk membedakan  anakan murai batu.  Ciri-ciri tersebut sebagian besar di jumpai pada anakan murai batu jantan, dan tidak di miliki oleh murai batu betina.  Dalam hal ini sangat di butuhkan pengalaman dalam mengamati anakan murai batu.
Anakan yang belum jelas jenis kelaminnya
Anakan yang belum jelas jenis kelaminnya
Menurut pengalaman saya, jika ada murai batu anakan yang masih belum jelas jenis kelaminnya, maka saya akan menyendirikan dan menunggu hingga terlihat jelas jantan dan betinanya seperti yang bisa di lihat di foto diatas.  Memang tidak jarang, burung seperti betina, tapi setelah di pelihara menjadi jantan dan sebaliknya.  Terkecuali anakan tersebut sudah mempunyai ciri-ciri yang jelas.  Setelah terlihat di umur 2 hingga 3 bulan, baru saya berani menjual ke pembeli.  Tentu saja, setelah jelas, jantan atau betinanya.
Seperti foto di bawah ini adalah anakan yang sudah jelas di ketahui jenis kelaminnya yaitu betina.  Walaupun mempunyai warna yang hitam pekat, di sebagian warna bulunya yang sudah mulai tumbuh, tapi murai anakan ini betina.
Murai batu betina bakalan
Murai batu betina bakalan

1 komentar:

Chandra kirana mengatakan...

Om tlg tampilkan jga gambar anakan MB jantan,trs saat umur brpa bln MB mulai birahi?

Poskan Komentar

 
;