Kamis, 15 September 2011

Cara Membedakan Trotol AM Jantan dan Betina

Cara membedakan trotol AM jantan dan betina menurut pengalaman om jayanzcaranya yang paling gampang untuk membedakannya ialah kita bisa membedakannya melalui warna sayapnya.
Trotol AM Betina
Trotolan AM Betina biasanya warna sayapnya agak Kusam,dan ada warna2 kuning dibagian sayapnya,warna2 kuning ini terdapat pada bulu sayap dari yang paling kecil sampai yang paling besar,biasanya jumlah warna2 kuning pada sayapnya,biasanya sebanyak 5-6 helai.
Berikut Contoh Picture Trotolan AM Betina dalam posisi sayap terbuka
Coba diperhatikan warna kuning2 dari sayap yang paling kecil.





Yang Ini PictureTrotolan Betina dalam posisi sayap tertutup




Kumpulan AM Cewek dalam 1 sangkar

Ini Photo Trotolan Cewek yang warna kuning di sayapnya agak samar2,dan Hampir Kamera saya tidak bisa menangkap warna Kuning tersebut,Padahal Kamera yang saya gunakan Berkekuatan 8MP dan cuaca saat itu agak sedikit mendung,Coba perhatikan warna kuning2 dipingir-pinggir sayapnya,warna kuningnya agak samar2.

Warna kuning2 seperti inilah yang kadang membuat kita ragu terhadap jenis kelamin trotolan tersebut,Jika kita sedang menemukan Trotolan yang seperti ini,Cobalah dilihat dibawah sinar matahari/tempat yang terang.
Photo2 AM Betina diatas,saya ambil di Rumah Pak Gusti Komang,yang salah satu pengepul yang ada di Pupuan,Saya Minta bantuan Beliau untuk memegangi AM yang saya Ambil Pictnya.
Trotol AM  Jaantan
Untuk Membedakan Trotolan yang Jantan,kita bisa melihat warna sayapnya.Biasanya Trotolan AM Jantan,memiliki warna sayap yang agak mengkilap.dan di sekitar Bulu sayapnya tersebut tidak ada warna kuning2nya.
Berikut Picture Trotolan AM Jantan
Coba Perhatikan Bulu2 sayapnya,Warnanya agak Mengkilap dan tidak ada warna Kuning2nya,alias Mulus.




Terus yang ini adalah,Contoh Trotolan AM Betina yang disulap menjadi AM Jantan,alias disemir.

Kalau kita Perhatikan Pic yang diatas ini,warna bulu2 nya memang agak sedikit Kusam,kelihatan seperti trotolan AM yang habis mandi,Padahal yang menyebabkan bulunya jadi Kusam,karena trotolan Tersebut disemir pake semir rambut.
Tapi teman2 jangan salah sangka dulu ya,Karena Pak Gusti memang sebelumnya dapat dalam keaadan yang seperti ini,Jika kita sudah pengalaman,Hal2 yang seperti ini tetap aja kelihatan,karena sangatlah gampang untuk membedakan antara Trotolan yang disemir dan yang Orisinil,Coba aja perhatikan Pict2 yang diatas,warnanya beda Kan?
Tambahan
Untuk membedakan Trotolan AM Jantan/Betina dengan melihat warna di sayapnya,Cara ini hanya bisa kita bedakan disaat Trotolan tersebut masih ada bulu2 Trotolnya kira2 umur di bawah 3 bulan.Jika sudah ganti Bulu dewasa atau dah Full merah,kita jadi sulit untuk mebedakannya.
Untuk yang betina,
Warna kuning2 pada bagian sayapnya akan hilang secara perlahan-lahan dan warna sayapnya jadi hitam polos.
Untuk Yang jantan
Warna sayapnya akan semakin mengkilap dan terkadang jika sudah birahi,Trotolan tersebut akan mulai ngeplong2.
Mohon Maaf ya jika Pic nya Kurang jelas,Maklum waktu itu Cuacanya sedikit mendung, jadi Pencahayaannya kurang terang.Photo2 ini saya ambil waktu hari minggu kemarin,sekalian Hunting.
Sebenarnya saya mau angkat salah satu Trotolan AM Cewek untuk dijadikan Pelajaran jika nanti AM tersebut sudah Dewasa,Namun apa boleh Buat waktu itu lagi kepincut sama beberapa Trotolan jantan,jadi niat untuk mengambil AM Cewek untuk sementara saya batalkan dulu.
Sumber : www.kicawmania.org

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;