Selasa, 20 September 2011

BELAJAR MERACIK PAKAN KENARI


Bandung (KM) - Beberapa rekan mungkin sudah mulai banyak yg memlihara kenari, sebagai burung peliharaan yang lucu dan menarik. Sudah pasti kita ingin memberikan yang terbaik juga sebagai pakan burung kenari peliharaan kita.

Berikut saya coba memberikan sedikit ilustrasi mengenai komposisi pakan yang saya lakukan untuk kebutuhan pemeliharan rutin, ternak, maupun untuk kenari import..



Sebenarnya tidak ada komposisi yang baku mengenai campuran biji-bijian apa saja yang harus disajikan untuk kebutukan pakan utama kenari. Bahkan hampir setiap peternak atau pun pemelihara burung kenari (dalam jumlah yang cukup banyak) biasanya mempunyai MENU racikan pakan tersendiri yang diyakini menjadi komposisi pakan terbaik.
Disini saya coba membagikan komposisi biji-bijian pakan kenari yang biasa saya gunakan, tentu saja komposisi ini bukan merupakan komposisi yang terbaik, tapi berdasarkan pengalaman saya selama ini dalam memelihara burung kenari, komposisi pakan seperti ini dirasakan cukup cocok untuk kenari yang saya pelihara.

Hanya saja timbul kendala kualitas pakan di pasar burung seringkali kurang baik. Oleh sebab itu saya mencoba meningkatkan kwalitas pakan lokal yang ditemui di pasaran, apalagi untuk campuran pakan kenari Import.

Adapun proses yang saya lakukan untuk biji-bijian lokal adalah sebagai berikut :
  1. Biji-bijian yang dibeli di pasar harus ditapi terlebih dahulu, tujuannya memisahkan biji dari kotoran (batu atau kulit biji).
  2. Cuci biji-bijian dengan cara merendam dalam air, buang bijian yang mengapung di permukaan air, bilas sebanyak 3 kali, jangan di aduk terlalu kuat karena kulit biji bisa terlepas.
  3. Tiriskan biji-bijian yang telah dicuci bersih, untuk 1 kg biji dicampur dengan 1 sendok madu murni, dengan 7 butir minyak ikan (minyak ikan yang banyak diperoleh di pasar burung maupun apotik)
  4. Jemur di tempat yang bersih sampai benar-benar kering.
  5. Setelah dijemur sampai kering dapat dibantu dipanaskan dengan menggunakan pengering rambut (hair dryer) untuk lebih memastikan bahwa pakan benar-benar sudah kering (dilakukan dihari yang sama jangan sampai melewati malam hari, khawatir biji berjamur)
  6. Pakan siap dicampur sesuai dengan komposisi yang kita inginkan.

Informasi selengkapnya mengenai kandungan gizi, manfaat dan diskusi mengenai biji-bijian kenari tersebut dapat dilihat disini







Kenari Import sebaiknya diberikan pakan dari import juga, dengan tujuan agar kenari import dapat hidup dan berkembang biak dengan maksimal. Tetapi agar kenari tersebut tidak terlalu tergantung dengan pakan import yang kadang-kadang sulit didapat, kenari import harus dibiasakan sedikit demi sedikit untuk makan makanan bijian lokal. Sehingga diharapkan semakin lama semakin terbiasa dengan makanan lokal di Indonesia.

Adapun komposisi biji-bijian yang dapat digunakan untuk pakan kenari import adalah :



0 komentar:

Poskan Komentar

 
;