Sabtu, 24 September 2011

Tips Memilih Tledekan/Sulingan/longalongo/anis bimbim

Postby Sonic pada 23 Okt 2008, 08:56
1. Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Re: Tips Memilih Tledekan/Sulingan/longalongo/anis bimbim

Postby Sonic pada 23 Okt 2008, 09:01
1.Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Perawatan Tledekan gunung

1. Mandi tiap sore pukul 18:00 - 19:00 stelah itu diangin2 in, pagi menjelang fajar dimandiin lgs diangin2in sampe terkena sinar matahari.

2. Jemur kisaran 1 - 2 jam, klo bisa berikan kroto setiap hari jangan sampe usahakan rutin tiap hari biasanya saat jemur. EF cukup pake kroto tiap hari, ulat kandang sminggu 2 kali, jangkrik 2 ekor yg kecil2 sminggu 2 kali gantian dengan ulat kandang 5 ekor. Ini utk menaikkan birahinya, klo sudah dirasa birahi maka pemberian jangkrik ckp 1 ekor sminggu.

Perawatan tledekan saya di rmh (SPIDER):
- Pagi-Sore jangkrik 5 ekor,
- Siang jam 12 kasih kroto 1 sendok teh, kalo ngga ada kroto kasih jangkrik lagi 4 ekor.
- Jemur jam 8 sampe jam 9 pagi.
- Mandinya tiap hari di tempat minum.
- Tiap hari tempelin masteran siri2x.
- Berhubung di rmh ngga tledekan lain, kandang ngga perlu di krodong.
- Hindari tledekan melihat langsung MB. Itu nasihat dari rekan dekat rumah.

Perawatan tledekan bagong

Tledekan aku perawatannya gak nyusahin sesuai aja dengan kesibukan aku yang hampir gak ada waktu merawat burung, tapi yang namanya hobby gak bisa aku meninggalkan. Kebanyakan tledekan memang hari2 makan kroto seperti juga bagong tapi bagong tledekan yang gak rewel kalau gak ada kroto mau makan jangkrik dan voerpun dimakan dan gak lemes walau 1 minggu gak makan kroto. Bagong rawatan hariannya voer satu wadah kecil, kroto satu kolak, jangkrik 5 ekor pagi sore. mandi keramba sore atau malam hari kalau mau lomba. Perawatan persiapan lomba agak lain yaitu jangkrik ditingkatkan secara bertahap sampe 15 ekor sampai hari jumat kusus hari sabtu full kroto dan 3 ekor ulat hongkong tanpa jangkrik, hari H full kroto 5 ekor ulat hongkong. Mau digantang dimandikan dulu dan jemur krodong 15 menit dan selalu diasingkan dari suara burung agar gak tempur duluan karena bagong mempunyai fighter yang tinggi begitu dengar suara burung selalu melawan sambil kepala kayang abis.

Step by step perawatan harian tlendekan

Merawat tlendekan tak berbeda jauh dengan merawat jenis burung anis lainnya. Bagi penghobi yang terbiasa memelihara anis barangkali nggak mengalami kesulitan, tapi yang lagi mulai merawatnya mungkin perlu penyesuaian. Berikut perawatan rutin harian step by step yang di sarikan oleh tabloid Agrobur dari beberapa sumber.

1. 06.30-06.45: burung dekeluarkan/ dianginanginkan sambil di buka kerodongnya (jangan langsung terkena sinar matahari).
2. 06.45-09.00 : mandi dilanjutkan penjemuran. Pada saat mandi di bak pemandian, sangkar bisa di bersihkan. Burung bisa di beri x-food, jangkrik, dan ditempat makannya disediakan kroto segar.
3. 09.00-09.30: setelah penjemuran kemudian dimasukkan kembali ke teras rumah/diangin-anginkan dengan keadaan tetap terbuka (tanpa kerodong).
4. 09.30-15.00: burung dikondisikan dalam keadaan istirahat, dikerodong dan ditempatkan di dalam rumah. Pada saat itu dalam sangkar harus tersedia voer dan air minum jangan samapi kosong.
5. 15.00-16.00: Tledekan kembali dikeluarkan dari dalam rumah, kerodong dibuka dan diangin-anginkan di teras untuk beberapa saat lalu dimandikan. Tidak semua tledekan harus dimandikan dua kali sehari, semua tergantung karakter masing-masing burung, tap! bila memang memungkinkan mandi dua kali sehari, maka tidak ada salahnya kalau harus diterapkan seperti itu. Manfaat mandi bagi tledekan, selain menjaga kebersihan burung, juga untuk menjaga agar burung tidak terlalu birahi. Untuk beberapa saat diberikan jangkrik dan cacing dengan porsi lebih sedikit daripada pagi hari.
6. 16.00-17.00: Burung dimasukkan kembali ke dalam rumah dibiarkan terbuka kerodongnya (kondisi santai). Hal ini dimaksudkan agar burung tidak terlalu tegang karena lebih sering dikerodong daripada terbuka. Hal lain dimaksudkan agar karakternya tidak terlalu agresif/liar.
7. 17.00-06.00: burung dikon-disikan dalam keadaan istirahat total dengan cara dikerodojig sam-pai esok pagi.

Recovery Tledekanku Yang Ngedrop
Beberapa cara recovery saya adalah:
1. Burung saya semprot desinfektant secara periodik per 1 mg sekali.
2. Pembasmian kutu dengan penyemrotan obat kutu setiap mau mandi dan saya kasih obat cacing anak yg saya kasihkan sekali saja (pemberian disesuaikan).
3. Pengobatan dari dalam adalah, pemberian vitamin per hari dan trymecin 3 hari berturut-turut.
4. Pemberian kroto per hari dan jangkrik 5 pagi 3 sore.
5. Sekarang saya tambahkan 1 cacing pagi hari.
6. Mengembalikan cara mandi ke kandang keramba, yd sebelumnya disetel mandi di kandangnya.
7. Jemur cukup dan disesuaikan.

by yoenbingung www.kicaumania.org

1 komentar:

dendri midin mengatakan...

sip kang
http://burungkicau.heck.in

Poskan Komentar

 
;