Senin, 10 Oktober 2011

Kandang Penangkaran Sederhana


Salam Breeding….
Sekedar share, barangkali kandang model seperti ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda yang berencana membuat kandang penangkaran burung Murai Batu. Selain praktis dan tidak terlalu memakan banyak tempat, kandang seperti ini relatif murah biaya pembuatannya.
Dengan luas lahan 1 x 4 meter, Anda bisa membuat empat unit kandang untuk empat pasang Murai Batu; masing-masing kandang berukuran 90 x 90 x 180 Cm (P x L x T).  Bahan kandang terbuat dari aluminium dan kawat ram, dengan biaya pembuatan sekitar 1 juta rupiah untuk satu unit kandang.

Model  seperti ini, saya menyebutnya sebagai “Kandang Lawang Telu” (kandang berpintu tiga).

Kandang Lawang Telu (Kandang Berpintu Tiga)
Pintu 1 :
Terbuat dari triplek, terletak di bagian atas. Fungsi dari pintu ini adalah untuk membuka dan menarik kotak sarang, saat kita ingin mengecek kondisi telur atau mengunduh anakan. (Catatan: Kotak sarang dirancang seperti laci, yang bisa ditarik keluar melalui pintu ini. Jadi, kita tidak perlu harus masuk ke dalam kandang saat mengecek telur atau mengunduh anakan)
“Fungsi Pintu 1 — Untuk Menarik Kotak Sarang”

Pintu 2 :
Terbuat dari jari-jari aluminium, terletak di bagian tengah. Fungsi pintu ini adalah untuk memasukkan makanan-minuman bagi indukan. Fungsi lain dari pintu ini adalah untuk memindahkan calon indukan dari sangkar soliter ke kandang penangkaran.
“Fungsi Pintu 2 — untuk memasok makanan-minuman bagi indukan”
Pintu 3 :
Terbuat dari kawat ram dengan lis aluminium, terletak di bagian bawah. Pintu 3 ini merupakan pintu besar yang berfungsi untuk masuk-keluarnya orang, dengan keperluan beragam; membersihkan lantai kandang, mengganti air mandi, menangkap indukan, atau mengambil anakan apabila indukan menetas di tempat sarang yang lain.
“Fungsi Pintu 3 — untuk masuk-keluarnya orang”
Sekedar melengkapi suasana di dalam kandang, kita bisa menambahkan berbagai asesoris; tanaman hidup, bebatuan, batang pohon dengan ukuran sepadan, dll, sesuai selera masing-masing.
“Asesoris kelengkapan di dalam kandang”

Demikian sekedar sharing, semoga bermanfaat….

2 komentar:

irul hmif mengatakan...

maaf om...mo nnya nih...klo bwt kacer bs g?
trs biaya total klo 1x4meter itu abiz brp?
oya 1 lagi...untuk lantai bawahnya itu...lgsg di semen sm kandang'a apa gimana ya...?

trimakasih

dedi sumandi mengatakan...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu H.UMAR KHUSNAN hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi H.UMAR KHUSNAN. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih PAK H.UMAR saya tidak akan melupakan jasa PAK H.UMAR. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Posting Komentar

 
;