Senin, 10 Oktober 2011

Kandang Penangkaran Sederhana


Salam Breeding….
Sekedar share, barangkali kandang model seperti ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda yang berencana membuat kandang penangkaran burung Murai Batu. Selain praktis dan tidak terlalu memakan banyak tempat, kandang seperti ini relatif murah biaya pembuatannya.
Dengan luas lahan 1 x 4 meter, Anda bisa membuat empat unit kandang untuk empat pasang Murai Batu; masing-masing kandang berukuran 90 x 90 x 180 Cm (P x L x T).  Bahan kandang terbuat dari aluminium dan kawat ram, dengan biaya pembuatan sekitar 1 juta rupiah untuk satu unit kandang.

Model  seperti ini, saya menyebutnya sebagai “Kandang Lawang Telu” (kandang berpintu tiga).

Kandang Lawang Telu (Kandang Berpintu Tiga)
Pintu 1 :
Terbuat dari triplek, terletak di bagian atas. Fungsi dari pintu ini adalah untuk membuka dan menarik kotak sarang, saat kita ingin mengecek kondisi telur atau mengunduh anakan. (Catatan: Kotak sarang dirancang seperti laci, yang bisa ditarik keluar melalui pintu ini. Jadi, kita tidak perlu harus masuk ke dalam kandang saat mengecek telur atau mengunduh anakan)
“Fungsi Pintu 1 — Untuk Menarik Kotak Sarang”

Pintu 2 :
Terbuat dari jari-jari aluminium, terletak di bagian tengah. Fungsi pintu ini adalah untuk memasukkan makanan-minuman bagi indukan. Fungsi lain dari pintu ini adalah untuk memindahkan calon indukan dari sangkar soliter ke kandang penangkaran.
“Fungsi Pintu 2 — untuk memasok makanan-minuman bagi indukan”
Pintu 3 :
Terbuat dari kawat ram dengan lis aluminium, terletak di bagian bawah. Pintu 3 ini merupakan pintu besar yang berfungsi untuk masuk-keluarnya orang, dengan keperluan beragam; membersihkan lantai kandang, mengganti air mandi, menangkap indukan, atau mengambil anakan apabila indukan menetas di tempat sarang yang lain.
“Fungsi Pintu 3 — untuk masuk-keluarnya orang”
Sekedar melengkapi suasana di dalam kandang, kita bisa menambahkan berbagai asesoris; tanaman hidup, bebatuan, batang pohon dengan ukuran sepadan, dll, sesuai selera masing-masing.
“Asesoris kelengkapan di dalam kandang”

Demikian sekedar sharing, semoga bermanfaat….

2 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf om...mo nnya nih...klo bwt kacer bs g?
trs biaya total klo 1x4meter itu abiz brp?
oya 1 lagi...untuk lantai bawahnya itu...lgsg di semen sm kandang'a apa gimana ya...?

trimakasih

Unknown mengatakan...

Gabung bersama kami di situs Bandar online terbaik BOLAVITA, dengan minimal deposit Rp 50.000 dan withdraw bisa puluhan juta rupiah.

CLAIM BONUS ANDA SETIAP MINGGUNYA DI BOLAVITA :
BONUS ROLLINGAN 0.5%
BONUS REFERRAL UP TO 10%
BONUS CASHBACK 10%

PROSES TRANSAKSI DEPO DAN WD PASTINYA CEPAT DAN AMAN!!

MENERIMA DEPOSIT DARI SELURUH BANK TERNAMA DI INDONESIA, E-WALLET & PULSA TANPA POT RATE !!
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

Posting Komentar

 
;