Minggu, 02 Oktober 2011
Postby Herry Aceh pada 06 Des 2008, 17:21
Image

Kutilang Emas adalah nama sejenis burung berkicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal umum dengan nama Cucak kuning atau tempuruk kunyit. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus melanicterus (Gmelin, 1789). Sementara dalam bahasa Inggris disebut Black-crested Bulbul, merujuk pada jambulnya yang hitam.

Burung yang berukuran sedang, agak kecil dan ramping. Panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 18 cm.

Sisi atas tubuh berwarna hijau zaitun, sisi bawah kuning terang yang indah. Dengan kepala dan jambul hitam kelam, dan warna merah terang pada tenggorokan (kecuali ras Kalimantan, yang kuning tenggorokannya).
Iris putih, krem, kuning pucat atau kemerahan, paruh dan kaki hitam.

Kutilang Emas adalah salah satu burung master yang favorit buat MB. Selain memiliki kicauan indah, Kutilang Emas juga memiliki karakter suara yang sedikit monoton dan sangat mudah ditirukan oleh MB. Suaranya yang kristal dan penuh dengan tembakan-tembakan, akan sangat enak didengar jika dibawakan oleh MB.

Sebagian besar MB akan dapat dengan mudah memaster suara Kutilang Emas, sebab selain bisa hidup berdampingan di habitatnya, Kutilang Emas juga merupakan salah satau burung yang rajin berkicau, serta mampu merangsang MB untuk ikutan berkicau.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;