Minggu, 02 Oktober 2011

Menjaga stamina mental dan fisik burung.


Secara garis besar dapat disebutkan bahwasannya kunci utama berhasilnya perawatan burung adalah bisa kita lihat dari kemampuan kita untuk bisa menjaga kesehatan baik fisik maupun mental burung itu sendiri. Kesehatan fisik dimaksud adalah tercukupinya dalam hal ini 4 sehat dan 5 sempurna yang diantaranya meliputi kecukupan akan pakan,vitamin,air dan matahari. Sedangkan dalam hal menjaga kesehatan mental yaitu bagaimana kita bisa mengkondisikan mental burung kita dalam kondisi senang dan tidak tertekan.
Untuk burung dengan pakan utama serangga seperti MB,jenis kacer dll setidaknya perlu kita berikan tambahan vitamin dalam jumlah dan rutinitas yang teratur. Cuman hal tersebut sangat terkandung pula dengan kebiasaan kita dengan makanan tambahan sejenis voor yang biasa kita berikan. Maksudnya disini seandainya burung kita sudah terbiasa kita berikan voor setiap hari dan dalam voor tersebut sudah mengandung vitamin dan suplemen yang cukup maka dirasa tidak perlu lagi untuk memberikan vitamin ataupun suplemen tambahan.
Sedangkan untuk jenis burung pemakan buah sejenis cucak misalnya sangatlah perlu kita berikan tambahan makanan berupa serangga yang mana bisa untuk memenuhi konsumsi protein hewani dari burung itu sendiri. Disamping ketelatenan kita dalam hal penjemuran yang sangat bermanfaat .
Disamping hal tersebut diatas ,konsistensi kita juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kita dalam memelihara burung peliharaan kita . Disini akan dipaparkan juga beberapa tip yang bisa kita jadikan acuan dalam hal menjaga kesehatan fisik yang diantaranya :
1. Membiasakan memberikan pakan sesuai jadwal dan tidak membiasakan memberikan perubahan takaran dalam perbedaan yang sangat mencolok.
2. Biasakan memandikan burung tepat waktu sesuai kebiasaan yang kita berikan.
3. Penjemuran dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kalau bisa selalu terjadwal.
4. Biasakan memberikan voor yang sekiranya masih mudah untuk didapatkan, karena kebiasaan menggonta ganti pakan akan sangat berakibat tidak baik pada peliharaan kita.
Sedangkan untuk menjaga kesehatan mental dapat kita lakukan dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :
1 Membiasakan merubah-rubah tempat menggantang burung dalam kurun waktu yang tidak ter lalu lama.
2 Jaga posisi tempat pakan agar tidak dirubah-ubah.
3 Posisikan tempat tangkringan dengan tidak sering kali melakukan perubahan.
4 Membiasakan menutup burung dengan krodong pada saat burung posisi istirahat.
5 Membiasakan mempertemukan dengan burung lain ataupun burung sejenis untuk melatih mentalnya .
6 Membiasakan burung tersebut dibawa bepergian kalau tujuan akhir burung kita tersebut untuk dilombakan.
7 Membiasakan untuk melatih burung tersebut kalau dirasa mental burung kita tersebut sudah siap.
Disamping artikel diatas kita juga harus tahu fungsi dari beberapa jenis serangga yang biasanya kita berikan pada peliharaan kita, sehingga kita memiliki sedikit pedoman apa sepantasnya yang harus kita berikan . Dimana sudah sering kali ada pembahasan kalau bahwasannya ,

1. Untuk menambah gacor harus ditambah pemberian krotonya.
2. Untuk menaikkan birahi biar cepat teler utamanya jenis anis merah perlu ditambah pemberian cacing ataupun ulat pisang.
3. Untuk menaikkan power perlu penambahan jangkrik.
4. Untuk meredam birahi kita berikan ulat bumbung.
5. Dan ulat hongkong untuk menjaga suhu tubuhnya dikalau musim hujan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;